Posted by : Dessy puspita Friday, March 15, 2013

hai sahabat... makan adalah kebutuhan tapi kita juga harus tahu bagaimana pola yang benar agar sesuatu yang tidak di inginkan tidak terjadi pada kita :)
yuk baca .. :)



Memiliki bentuk tubuh ideal tentu menjadi idaman setiap perempuan. Salah satu cara untuk memperolehnya adalah dengan mengatur pola makan. Tentu tidak salah jika kita senang makan coklat atau es krim, tetapi kita harus mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan yang berserat dan berprotein. Kata kunci dalam diet pola makan adalah ‘cukup’. Kita boleh mengonsumsi apa saja yang kita sukai, asalkan dalam jumlah yang ‘cukup’ dan tidak berlebihan.
Berikut ini adalah tips pola makan untuk menjaga bentuk tubuh ideal:
1.      Sarapan dengan makanan yang berkarbohidrat, seperti nasi, roti, jagung atau oat meal. Jika suka, dampingi dengan minum susu tinggi kalsium namun rendah lemak.
2.      Selingi jam makan antara sarapan dan makan siang dengan cemilan sehat, seperti dua potong brownies kukus dengan segelas jus buah atau yoghurt.
3.      Makan siang dengan menu lengkap karbohidrat, protein dan lemak dalam jumlah yang seimbang. Nasi atau kentang, sayur dan sepotong daging sudah sangat cukup. Variasikan menu agar tidak bosan.
4.      Makanlah cemilan manis di sore hari, seperti cake atau bolu kukus, dengan secangkir teh tawar. Hal ini baik untuk menahan lapar sebelum makan malam.
5.      Makan malam dengan menu protein nabati. Hindari mengonsumsi protein hewani, karbohidrat dan lemak berlebih di malam hari. Makan malam dengan menu salad sayuran atau buah dapat menjadi pilihan diet yang baik.
6.      Selalu minum air putih setelah makan.

Kita memerlukan pola makan yang baik agar kita dapat hidup sehat ban berumur panjang tidak sakit-sakitan.
kita bergerak memerlukan kalori.
kalori adalah gula,lemak,karbohdrat,protein,vitamin,mineral,ketika kita melakukan aktivitas kita akan membakar kalori.
Yang dibakar pertama adalah gula,baru lemak,baru karbohdrat.nah jadi bagaimana kita
mau membakar lemak jika masih ada penghalang gula dalam tubuh kita.
Jadi pastikanlah konsumsi gula kita hilangkan dahulu,apa itu?
Terutama cemilan:coklat,es krim,soft drink dan es teh manis,mulailah memesan teh hangat,penghematankan.
Karena kita tetap mendapatkan gula dari buah dan nasi,don't care.terus baru namanya lemak.ingat semua gorengan hrs dibatasi termasuk nasi goreng,coba banyangkan nasi disiram menggunakan minyak goreng,mau makannya??gorengan pingir jalan juga bayangkan

minyak yang dibuat menggoreng hitam dan kental.gakmaukan kan?untuk margarin don't touch it,hoho..coba 2 hal ini selama 3 bulan konsisten,no excuse..sama sekali.tidak makan yang disebutin di atas gak apa-apa dong, masih banyak yang bs dimakan..nanti br dibahas pola makan..ok..yang penting penguasaan diri la..met menderita..wkwkwkwkwk

pola makan
kadang kita berpikir bahwa diet adalah dengan tidak makan.its wrong man,diet adalah mengatur pola makan.kata kuncinya diatur seperti akitaivitas kita sehari-hari.contoh..pola mkan normal adalah 3 X sehari(kadang2 lebihan).kita harus  patuh pada pola ini kan.kalo aku malah pola makan aku buat 5 X sehari.tetapi diatur.contoh,pagi aku sarapan jam 6.30(roti tanpa isi,oat meal,pisang 2 biji)terus jam 9 makan lagi(apel,roti tanpa isi,oat meal)atau jatah makan siang aku bagi(bagi yang bawa yo)jadi jatah makan siang sudah dibagi 2 utk jam 9 toh.makan harus tetap tidak boleh tidak terus jam 11 makan siang.
jatah nasi suda terbagi kan?,jadi sudah tidak banyak lagi,trus jam 4 makan lagi(apel,pisang)dan terakhir jam 6 makan malem(hati2 kalo makan malem).biasanya aku cm makan lauknya aja(kadang2 bkin mama marah..hohoho)gak pk nasi lagi.but ini perlu kalian penyesuan diri sendiri karena ak gak tau pola makan kalian,its just example

kita maunya fat loss bukan weight loss
Ingat itu terjadi kalo sudah diet tapi berat badan gak turun2 sabar non..secara makanan kamu sudah sehat jadi lemaknya yang hilang berat badan akan menyesuaikan sendir,kesabaran dan ketelatenan diperlukan disini Kalau sudah soal makanan,yang penting juga olahraga.

ini..bicara olahraga,yang penting bukan kualitas ok but kuantitas.kamu lari 1 hari 20 keliling percuma kalo dilakukan cuma 1 minggu sekali atau 2 minggu sekali.

larilah cuma 5-10 menit tetapi sering dan teratur,setidakya 3 X sehari.wake up coy..pagi boleh ,sore boleh..ato ke gym..hohohohoho olahraga kardio(lari,senam,aerobik,sepeda,berenang)adalah yang paling cocok utk anda nona2 cantik..but untuk laki2 macho..kalo bisa si angkat beban dunk...wkwkwkwkwk..kalo ada pertanyaan..dituggu ya..


makanan/minuman yang terlarang.
mi bungkus,soft drink,es teh manis,coklat,es krim,martabak manis,roti bakar,kuning telur,kulit ayam,keripik,gorengan,selai2 toko,jus menggunakan gula/susu,pindang,santan juga coy,yaa kira2 sebangsanya la.
Makanan/minuman yang diharuskan
teh hanget,brokoli,makanan agak pedas,apel,pisang,pepaya,cap cay,gado2,oat meal,pagi2 bangun pagi cobalah minum air putih minimal 3 gelas,makan buah tomat teratur..good for eye..pempek rebus aja kale..ya sebangsanya la..

intinya jangan makanan yang menguasai kita tetapi kita yang menguasai makanan,jangan memanjakan lidah yang panjangnya kira-kira 1 jengkal,nikmatnya hanya di lidah tetapi harga yang dibayar perut.
ini merupakan gaya hidup sehat yang akan dibawa terus selamanya dlm hidup kita.
menguasai nafsu,terutama makan,akan membawa dampak yang luar biasa bagi emosi kita jg.
ingat pepatah *kamu adalah apa yang kamu makan*,ini bukan bermaksud menyinggung..hohoho..pelan tetapi pasti adalah kunci yang harus dipegang selalu.cari motivasi, .cari saran,cari informasi,pokoknya nothing is impossible,coba dan niatin.ok.met mencoba..pikirkan hasilnya jgn cobaannya.

Sebenarnya, menjadi sehat dan terbebas dari segala jenis penyakit cukup mudah untuk dilakukan. Yang diperlukan hanya komitmen dan kemauan untuk menjalankan pola hidup sehat dengan rutin melakukan olahraga, makan secara teratur, tidur terpenuhi dengan cukup, tidak merokok, tidak meminum alkohol, serta gizi terpenuhi.

Penyakit apapun, entah ringan, sedang atau berat akan sulit "mampir" di tubuh kalau kita menjalankan pola hidup sehat seperti disebutkan di atas.
Dan salah satu faktor yang berperan signifikan dalam tingkat kesehatan seseorang ialah pengaturan pola makan. Menurut beberapa penelitian, sekitar 80-90% berbagai macam kanker sangat erat kaitannya dengan makanan yang dikonsumsi sehari-hari.
Kanker payudara dan prostat misalnya, disebabkan adanya penumpukan lemak yang berlebihan di dalam tubuh. Kanker lambung banyak dihubungkan dengan tingginya seseorang mengonsumsi makanan yang berbahan pengawet berkadar garam tinggi.
Masih banyak contoh keterkaitan jenis kanker dengan makanan yang dikonsumsi. Penelusuran kajian epidemologi berhasil membuktikan bahwa kemunculan kanker pada saluran pencernaan sangat erat kaitannya dengan berbagai jenis makanan tertentu.
Kanker kolon dan rektum disebabkan oleh faktor tingginya konsumi minuman beralkohol (terutama bir) dan lemak. Kanker esofagus atau tenggorokan berkaitan erat dengan kebiasaan merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol.

Begitu juga dengan kanker hati yang diduga sangat berkaitan dengan intensifnya konsumi alkohol dan juga pencemaran makanan oleh aflatoksin sedangkan kanker paru-paru dan kandung kemih disebabkan oleh beberapa zat kimia yang merupakan hasil dari pencemaran industri dan paparan tembakau.
Kalau dilihat, faktor rokok dan minuman keras cukup berperan signifikan dalam mengganggu kesehatan dan kebugaran seseorang. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk menghindari rokok dan alkohol yang paling utama, dan makanan lainnya yang disebutkan banyak menyebabkan penyakit kanker.

Zat Karsinogen dalam Makanan
Karsinogen dalam makanan biasanya ditemukan pada hasil pengolahan yang menimbulkan zat karsinogen plosiklik hidrokarbon yang diakibatkan oleh proses pengasapan makanan, zat fisik karena proses radiasi nuklir, zat kimia nitrosamin, dan juga zat biologi seperti racun dalam tembakau.
Zat-zat racun tersebut bersifat mutagenik yang akan mengakibatkan kerusakan pada struktur sel. Karsinogen juga bisa disebabkan oleh pengolahan makanan yang tidak tepat seperti pengawetan, pengasinan, pemanasan yang terlalu lama, dan lainnya.
Begitu juga dengan penggunaan minyak jelantah yang berulang-ulang dan mengandung zat radikal bebas seperti epioksida, peroksida, dan lainnya yang bersifat mutugenik dan karsinogenik.
Demikian pula, patut diwaspadai penggunaan zat lainnya seperti pemanis  buatan seperti siklamat dan sakarin yang biasanya banyak dipakai dalam jajanan makanan yang banyak dikonsumsi oleh anak-anak. Menurut penelitian, pemanis buatan tersebut jika digunakan dalam jangka waktu lama bisa menimbulkan tumor kandung kemih.
Selain pemanis buatan, zat pengawet makanan yang biasanya digunakan sebagai pengawet bakso atau tahu dan juga penggunaan zat pewarna tekstil seperti rhodamin dan methanyl juga patut diminimalisir karena menurut penelitian bisa menimbulkan penyakit kanker hati.
Dengan begitu banyaknya zat makanan di sekitar kita yang berpotensi menyebabkan kanker, sebaiknya Anda menghindari jenis makanan-makanan tersebut untuk meminimalisir terjangkitnya kanker atau penyakit berbahaya lainnya.

Zat Anti-karsinogen dalam Makanan
Selain zat karsinogen dalam makanan yang merugikan karena menyebabkan kanker, pada makanan tertentu juga terkandung zat antikarsinogen yang sifatnya berkebalikan dengan karsinogen. Zat anti-karsinogen ini memiliki sifat protektif yang justru bisa melindungi seseorang dari ganasnya serangan penyakit kanker.
Yang termasuk dalam golongan anti-karsinogen ini seperti sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung betakaroten, vitamin A, vitamin C dan E. Selain itu, ada zat gizi lainnya yang juga terkenal mencegah penyakit kanker: asam folat, vitamin D, kalsium, magnesium, niasin, dan selenium (Se).
Selain itu, jangan melupakan serat yang bisa mencegah timbulnya kanker kolon. Beberapa sumber makanan yang kaya akan serat bisa didapatkan dari biji-bijian, buah-buahan seperti seledri, kol, bayam, dan juga kembang kol. Sebaiknya Anda lebih banyak mengonsumsi makanan yang mengandung zat anti-karsinogen karena peranannya yang sangat penting dalam mencegah penyakit kanker.





Leave a Reply

terimakasih atas komentar yang anda berikan

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Life Cycle - Shiroi - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -