Roy Lichtenstein (27 Oktober 1923 - September 29, 1997) adalah seorang tokoh Amerika artis pop . Selama tahun 1960 lukisannya dipamerkan di Leo Castelli Gallery di New York City dan bersama dengan Andy Warhol , Jasper Johns , James Rosenquist dan lain-lain ia menjadi tokoh terkemuka dalam gerakan seni baru. Karyanya didefinisikan premis dasar pop art yang lebih baik dari yang lain melalui parodi . Favoring yang kuno komik strip sebagai materi pelajaran, Lichtenstein diproduksi keras bermata, komposisi tepat yang didokumentasikan sementara itu diparodikan sering dalam lidah-di- pipi lucu cara. Karyanya sangat dipengaruhi oleh iklan populer dan buku komik gaya. Dia menggambarkan Pop Art sebagai, "bukan lukisan 'Amerika' tapi sebenarnya lukisan industri".
Drowning Girl
Karya Roy Lichtenstein
Whaam! (1963). Magna on canvas
karya Roy Lichtenstein
Gambar yang paling terkenal ini bisa dibilang Whaam ! (1963, Tate Modern , London [15] ), salah satu contoh paling awal dari pop art , mengadaptasi sebuah komik panel dari edisi 1962 dari DC Comics ' All-American Men of War . [16] Lukisan itu menggambarkan pesawat tempur menembakkan roket ke pesawat musuh, dengan ledakan merah-kuning. Gaya kartun diperkuat dengan penggunaan onomatopoeic huruf " Whaam dan! "judul kotak" ditekan Aku, pengendalian kebakaran ... dan depanku roket menyala di langit ... "Ini Diptych besar dalam skala, mengukur 1,7 x 4,0 m (5 kaki 7 x 13 ft 4 in). [15]
Asli panel komik dari All-American Men of War # 89, 1962 (DC Comics)
Sebagian besar karyanya yang paling terkenal relatif dekat, tetapi tidak tepat, salinan panel komik, subjek dia sebagian besar ditinggalkan pada tahun 1965. (Dia kadang-kadang akan memasukkan komik ke dalam karyanya dengan cara yang berbeda dalam beberapa dekade kemudian.) Panel ini awalnya ditarik oleh seniman komik seperti Jack Kirby dan DC Comics seniman Russ Heath , Tony Abruzzo, Irv Novick , dan Jerry Grandenetti , yang jarang menerima . kredit Jack Cowart , direktur eksekutif Yayasan Lichtenstein, kontes gagasan bahwa Lichtenstein adalah penyalin, mengatakan:. "Pekerjaan Roy adalah keheranan dari rumus grafis dan kodifikasi sentimen yang telah dikerjakan oleh orang lain Panel diubah dalam skala, warna, pengobatan, dan implikasinya. Tidak ada salinan persis. " [17] Namun, beberapa [18] telah bersikap kritis terhadap penggunaan Lichtenstein dari buku komik citra dan karya seni, terutama sepanjang penggunaan yang telah dilihat sebagai dukungan dari pandangan merendahkan dari komik dengan arus utama seni; [18] mencatat komik penulis Art Spiegelman ". Lichtenstein lakukan tidak lebih atau kurang untuk komik dari Andy Warhol lakukan untuk sup" berkomentar bahwa [18]
Pada 1970-an dan 1980-an, gaya mulai melonggarkan dan ia memperluas apa yang telah dilakukan sebelumnya. Lichtenstein memulai serangkaian lukisan Mirror pada tahun 1969. Pada tahun 1970, sambil terus pada seri Mirror, ia mulai bekerja pada subyek entablatures . [19] Dia menghasilkan serangkaian "Studios Artis" yang memasukkan elemen-elemen pekerjaan sebelumnya. Sebuah contoh menyolok adalah Studio Artis, Lihat Mickey (1973, Walker Art Center , Minneapolis ) yang mencakup lima karya sebelumnya lain, dipasang ke TKP. [1]
Pada akhir 1970-an, gaya ini digantikan dengan lebih surealis karya seperti Pow Wow (1979, Ludwig Forum für Internationale Kunst, Aachen ).